Pengetahuan ilmu alam atau science selalu mengundang penasaran bagi anak-anak. Mengapa ada bintang-bintang di angkasa? Bagaimana tumbuhan makan? Bagaimana proses terjadinya gunung meletus? Siapa saja tokoh-tokoh ilmuwan yang berhasil mengubah dunia dengan hasil pemikiran mereka?

Seringkali anak-anak memiliki banyak pertanyaan seputar alam dan sejarah di balik terciptanya suatu penemuan. Terkadang, belajar dari buku saja tidak cukup. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap science itu sulit atau membosankan. Padahal, aktivitas belajar science bagi anak bisa dibuat menjadi lebih seru dan menyenangkan.  Salah satu caranya, dengan mengajak anak melihat secara langsung simulasi dari berbagai proses yang terjadi dalam terbentuknya alam semesta.

Untuk memberikan pengalaman pelajaran science yang menyenangkan, Homeschooling Smart Talent mengunjungi Bandung Science Center pada bulan November lalu.  Jika sebelumnya pengajar, siswa, dan orang tua siswa mengunjungi Kebun Binatang Bandung untuk berwisata dan mengenal aneka ragam hewan, kini kami mengajak siswa dan orang tua siswa untuk mengeksplorasi lebih banyak tentang science.

Dengan mengunjungi Bandung Science Center, anak-anak bisa melihat berbagai eksperimen science dan menambah pengetahuan mereka tentang berbagai macam sejarah. Pada awal kunjungan, siswa menyimak penjelasan seputar sejarah tentang tokoh-tokoh ilmuwan dunia. Apa saja penemuan yang mereka ciptakan, dan bagaimana para ilmuwan tersebut membuat hidup kita saat ini menjadi lebih baik.

Tidak hanya memperkenalkan anak-anak pada ilmuwan dunia, para siswa juga mendapatkan pengetahuan tentang kearifan lokal. Pada sesi berikutnya, siswa mendapat penjelasan tentang para pemimpin dan sejarah Tatar Sunda.

Kemudian, datanglah sesi yang sudah ditunggu-tunggu. Para siswa mendapatkan kesempatan untuk melihat simulasi proses terjadinya berbagai kejadian alam. Mereka melihat bagaimana di hutan gersang dapat tercipta tornado api. Harapannya, anak-anak ini nantinya bisa lebih menyadari kondisi lingkungan dan dapat menjaga ekosistem alam di sekitarnya.

Para siswa juga dapat melihat proses bagaimana letusan gunung berapi terjadi. Praktik ini dilakukan dengan menggunakan media tiga dimensi dan percobaan reaksi kimia. Anak-anak-anak terlihat tegang sekaligus bersemangat dalam melihat simulasi kejadian alam tersebut.

Setelah mempelajari sejarah dan meneliti aneka kejadian alam di bumi, siswa Homeschooling Smart Talent dibawa “berkeliling angkasa” di dalam Bandung Science Center. Mereka mengeksplorasi planet-planet dan mengenal lebih jauh apa saja pekerjaan seorang astronot.

Anak-anak juga dapat “menyicipi” bagaimana rasanya menjadi astronot dengan berfoto menggunakan pakaian astronot. Atau siapa tahu, mereka akan menjadi astronot kebanggaan Indonesia di masa depan?

Rangkaian acara ditutup dengan menyaksikan film 4D tentang science. Anak-anak tidak hanya terhibur, namun juga bisa mendapatkan pelajaran yang sangat berarti dari pengalaman mereka di Bandung Science Center.

Walaupun berorientasi pada bakat, namun Homeschooling Smart Talent juga berkomitmen untuk memberikan pendidikan pengetahuan umum dan science yang terbaik. Dengan begitu, para siswa tidak hanya mampu mengasah bakat yang mereka miliki, namun juga memiliki wawasan yang luas tentang pengetahuan seputar dunia luar.

One thought to “Outing Homeschooling Smart Talent Bandung – Bandung Science Center”

  • Muhamad Hirawan

    Artikel yg bagus. Coba di tambah artikelnya. Supaya dapat lebih banyak menarik minat siswa baru

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *