Homeschooling Smart Talent adalah penyedia program homeschooling yang berlokasi di Bandung. Sekolah Non-Formal Homeschooling Smart Talent memiliki visi untuk menjadi “Pendukung Bakat dan Potensi Anak”

VISI

Menjadi sekolah yang mendukung potensi anak, baik dalam bidang bakat maupun dalam bidang keilmuan. Dapat menjembatani anak dan orang tua melalui sekolah berbasis bakat, seperti merekomendasikan anak pada klub musik, klub olahraga, klub IT dan sebagainya.

MISI

Menjadikan siswa berprestasi di bidang yang ditekuninya dengan keleluasaan waktu agar anak dapat melatih meningkatkan kemampuan bakatnya.

Menjadi sekolah yang mempermudah anak dalam hal belajar secara praktis, agar termotivasi untuk tetap mendalami keilmuan, dengan tetap mengedepankan akhlak mulia, iman dan takwa.

MOTTO

Belajar dengan metode yang paling mudah dan sederhana dengan suasana yang menyenangkan.

LEGALITAS

Nama Sekolah: HOMESCHOOLING SMART TALENT

Akta Pendirian: No 02 Tanggal 11 November 2011

Notaris : Kristi Andana Yulianes

NPWP : 31.425.735.3.421.000

Alamat Kantor :
Jl. Moch.Toha – No.155/19A(belakang No.31) Bandung,
Kelurahan Pungkur, Kecamatan Regol, Kota Bandung.
Telp: 081802040264 / 083822546374

Diselenggarakan dibawah Yayasan Minda Utama
Izin Dinas Pendidikan Kota Bandung
No: 421.9/7008 Disdik/2015

LATAR BELAKANG HOMESCHOOLING SMART TALENT

Setiap anak memilliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Namun, berdasarkan pengalaman di lapangan, anak terkadang mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan di sekolah. Sebut saja kasus bullying, maupun mendapat bentakan atau kekerasan dari teman-teman bahkan guru.

Pengalaman yang kurang berkesan tersebut menimbulkan fobia terhadap sekolah (School Phobia) bagi anak dan orang tua. Lebih jauh lagi, kurikulum yang terlalu padat, tugas-tugas rumah yang menumpuk, ternyata dapat membuat kegiatan belajar menjadi suatu beban bagi sebagian anak.

Banyak anak yang memiliki potensi bakat yang belum tergali. Sayang sekali jika potensi tersebut tidak terasah, karena waktu anak-anak sudah habis untuk belajar di kelas secara formal. Bakat yang tidak terasah rupanya dapat mengganggu perekembangan potensi, emosi dan mental anak.

Tidak semua anak merasa cocok dengan sistem pendidikan formal. Ada yang ingin fokus menekuni dan mengembangkan bakat non-akademisnya. Untuk kasus seperti ini, anak perlu diberikan solusi alternatif. Salah satu bentuknya adalah kegiatan homeschooling.

Berdasarkan alasan ini, kami mendirikan Homeschooling Smart Talent Bandung (HSSTB) sebagai salah satu institusi pendidikan alternatif yang senantiasa memperhatikan hak anak atas pendidikan sekaligus mendukung dan menjembatani potensi bakat yang perlu terus digali dan dilatih. Sehingga, perkembangan potensi, bakat dan mental anak akan tumbuh lebih baik.

FILOSOFI HOMESCHOOLING SMART TALENT

Homeschooling Smart Talent dilaksanakan berdasarkan filosofi sederhana,

“Belajar dengan metode : mudah difahami, efektif dan menyenangkan sehingga potensi bakat berkembang pesat, emosi dan mental tumbuh dengan sehat”

KURIKULUM HOMESCHOOLING SMART TALENT

Kurikulum pembelajaran Homeschooling Smart Talent adalah kurikulum yang tetap mengacu pada kurikulum nasional dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia

METODE PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING SMART TALENT

Proses pembelajaran di Homeschooling Smart Talent menggunakan pendekatan tematik, aktif, konstruktif dan kontekstual. Serta belajar mandiri melalui penekanan kepada kecakapan hidup dan keterampilan dalam memecahkan masalah.

LEGALITAS IJAZAH HOMESCHOOLING SMART TALENT

Undang undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, mengakomodir homeschooling sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

Dalam pelaksanaannya homeschooling berada dalam naungan Direktur Pendidikan Kesetaraan, Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah, dinas Pendidikan kota Bandung. No :421.9-578 PNFI/2013.

Siswa yang memilih homeschooling akan memperoleh ijazah kesetaraan yang dikeluarkan oleh DEPDIKNAS, yaitu setara SD, setara SMP, dan setara SMA.

Ijazah ini dapat digunakan untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti SMP Negeri, SMA negeri (sekolah umum), universitas negeri atau swasta.